Berbagi itu indah, yuk kita bersedekah

LightBlog
LightBlog

Tuesday 28 April 2020

Filsafat, Mesin, dan AI

Apakah filsafat mengalami transformasi radikal? Belakangan ini, pertanyaan ini sangat populer terutama setelah perkembangan radikal yang terjadi dalam pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan. Apakah perkembangan radikal ini dan penerapan pengetahuan seperti itu dalam pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan memicu transformasi radikal dari filsafat tradisional?

Apa itu filsafat?

Disiplin berkaitan dengan pertanyaan tentang bagaimana seseorang harus hidup ( etika ); hal-hal macam apa yang ada dan apa sifat esensial mereka ( metafisika ); yang dianggap sebagai pengetahuan asli ( epistemologi ); dan apa prinsip-prinsip penalaran ( logika ) yang benar? Wikipedia

Beberapa definisi:

Investigasi sifat, penyebab, atau prinsip-prinsip realitas, pengetahuan, atau nilai-nilai, berdasarkan pada penalaran logis daripada metode empiris ( American Heritage Dictionary ).

Studi tentang sifat tertinggi dari keberadaan, realitas, paket omg telkomsel pengetahuan dan kebaikan, sebagaimana dapat ditemukan oleh penalaran manusia ( Penguin English Dictionary ).

Penyelidikan rasional pertanyaan tentang keberadaan dan pengetahuan dan etika ( WordNet ).

Pencarian untuk pengetahuan dan kebenaran, terutama tentang sifat manusia dan perilaku dan kepercayaannya ( Kernerman English Multilingual Dictionary ).

Penyelidikan rasional dan kritis terhadap prinsip-prinsip dasar ( Microsoft Encarta Encyclopedia ).

Studi tentang ciri-ciri dunia yang paling umum dan abstrak, dasar pengetahuan manusia, dan evaluasi perilaku manusia ( The Philosophy Pages ).

Jika kita melihat definisi kita dapat menemukan prinsip filosofi yang paling mendasar adalah mempertanyakan. Mempertanyakan apa itu hidup? Bagaimana seharusnya seseorang hidup? Hal-hal macam apa yang ada dan apa kodrat mereka? Apa prinsip-prinsip penalaran yang benar? Apa prinsip-prinsip realitas, pengetahuan, atau nilai-nilai?

Menemukan jawaban atau solusi untuk pertanyaan atau masalah melalui penerapan prinsip-prinsip penalaran adalah tujuan dari filosofi. Singkatnya, cari pengetahuan dan kebenaran. Pencarian tidak selalu menghasilkan menemukan kebenaran. Namun, proses yang digunakan untuk menemukan kebenaran lebih penting. Sejarah memberi tahu kita bahwa kebijaksanaan manusia (tubuh pengetahuan dan pengalaman yang berkembang dalam masyarakat atau periode tertentu) berubah dan telah berubah secara terus menerus. Manusia mengejar kebijaksanaan (kemampuan untuk berpikir dan bertindak menggunakan pengetahuan, pengalaman, pemahaman, akal sehat, dan wawasan)

Keyakinan buta adalah hambatan terbesar yang menahan proses berpikir kita. Para filsuf mempertanyakan kepercayaan buta ini atau lebih tepatnya mempertanyakan setiap keyakinan. Mereka skeptis dalam segala hal. Bahkan, itu adalah salah satu metode filosofis ( keraguan Metodis) mereka mempekerjakan untuk menemukan kebenaran. Filsafat dimulai dengan keraguan sederhana tentang kepercayaan yang diterima. Mereka menerapkan keraguan dan pengetahuan metodis untuk menguji sifat fungsional, disfungsional, atau destruktif dari kepercayaan yang diterima dan berlaku dalam masyarakat. Tunggu sebentar! Kami memiliki masalah yang harus diatasi terlebih dahulu. Ketika kita mengatakan 'pengetahuan', itu tidak selalu menuntun kita pada kebenaran dari kesimpulan yang mereka dapatkan. Pengetahuan yang ada tidak lengkap. Karena itu, ada kemungkinan kesalahan kesimpulan. Kesimpulan mungkin valid tetapi tidak perlu kebenaran. Dengan diperkenalkannya premis tambahan atau penghapusan premis yang ada, sifat kesimpulan akan mengalami perubahan.


Adbox